Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

DPRD Kaltim Tetapkan APBD KALTIM 2013 Rp13 Triliun

Posted by Javawebmaster - 2 Desember 2012 - APBD Kalimantan Timur 2013 - No Comments

SAMARINDA– DPRD Kalimantan Timur telah menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013 senilai Rp13 triliun pada Sidang Paripurna ke-38.

“RAPBD telah disahkan menjadi APBD, sedangkan kerja sama antara DPRD dan Pemprov Kaltim yang terjalin baik selama ini, saya yakin dapat mengatasi hambatan pembangunan yang mungkin ada di lapangan,” kata Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy, Jumat (30/11/2012).

Adanya keputusan APBD Kaltim 2013 sebesar Rp13 triliun tersebut, maka nilainya terjadi kenaikan sebesar Rp2,4 triliun ketimbang tahun sebelumnya, yakni senilai Rp10,6 triliun.

Dalam Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kaltim HM Mukmin Faisal HP itu, dijelaskan bahwa APBD Kaltim 2013 yang sebesar Rp13 triliun itu terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp11,5 triliun dan sisanya merupakan dana perimbangan dan pendapatan lain yang sah.

Sedangkan APBD yang sebesar itu akan digunakan untuk dua hal, yakni untuk belanja langsung sebesar Rp6,45 triliun dan selebihnya yang sebesar Rp6,55 triliun merupakan belanja tidak langsung dan belanja lain.

Menurut Mukmin, sebelum ditetapkannya RAPBD Kaltim menjadi APBD, telah dilakukan berbagai rapat koordinasi dengan masing-masing komisi dan fraksi di DPRD Kaltim, termasuk pertemuan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim.

Dilakukan pula rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim, kemudian beberapa kali Rapat Paripurna antara DPRD Kaltim dengan Pemprov Kaltim, baik rapata mengenai nota penjelasan RAPBD, rapat tentang pandangan fraksi-fraksi, dan rapat tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perhitungan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), jelasnya.

Rapat yang digelar sebelum dilakukan penetapan APBD Kaltim 2013 itu mencapai 11 kali pertemuan, baik rapat intern dewan, rapat dengan SKPD, maupun Rapat Paripurna DPRD.

Dalam Rapat Paripurna pengesahan APBD Kaltim 2013 tersebut, setelah semua anggota DPRD Kaltim setuju RAPBD Kaltim sah menjadi APBD Kaltim dengan nilai Rp13 triliun, selanjutnya Ketua DPRD dan Wakil Gubernur Kaltim menandatangani Nota APBD Kaltim 2013.