Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Enam Pelaku Curanmor Ditangkap

Posted by Javawebmaster - 9 Februari 2012 - Berita Kota, Purwokerto - No Comments

BERITA PURWOKERTO

PURWOKERTO- Polres Banyumas berhasil menangkap enam tersangka pencuri kendaraan bermotor dalam Operasi Turangga. Polisi juga menyita barang bukti lima mobil dan delapan motor.

Para tersangka yang ditangkap adalah Amad (19) dan Robi (19), keduanya warga Purwokerto Barat. Kemudian Ruin (35) warga Kedungbanteng, Dite (32) asal Cilacap, Yanto (42) asal Purwokerto Barat, dan Roso (54) asal Purwokerto Selatan. Mereka kini dalam proses penyidikan.

Tersangka Amad, Robi dan Yanto, merupakan pencuri motor. Adapun tiga lainnya yakni Ruin, Dite, dan Roso ditangkap karena mencuri mobil.

Kapolres Banyumas AKBP Dwiyono SIK MSi, kemarin mengatakan pengungkapan dan penangkapan tersangka dilakukan selama Operasi Turangga 20 Januari-6 Februari lalu.

”Kasus ini masih kami kembangkan, karena masih ada pelaku lain belum tertangkap,” kata dia.

Pencurian kendaraan oleh para tersangka dilakukan di berbagai lokasi di wilayah Polres Banyumas seperti di Purwokerto, Banyumas, dan Purwojati. Diduga mereka merupakan jaringan yang beraksi hingga ke luar Banyumas.

Master Kunci

Kapolres menambahkan, selain kendaraan, disita pula peralatan untuk mencuri seperti kunci palsu dan kunci model T. Bahkan ada pelaku yang mempunyai master kunci, sehingga dia bisa membuka kunci stang motor merek apa saja. Setelah kunci stang bisa dibuka, kontak dihidupkan dengan menggunakan kunci model T.

”Sasaran mereka adalah kendaraan yang diparkir di tepi jalan atau di depan rumah. Sebelum mengambil motor, pelaku merusak gembok pintu gerbang. Ada juga yang modusnya menipu dengan pura-pura menyewa lalu membawa kabur,” jelasnya.

Kepada masyarakat yang pernah kehilangan mobil atau motor dipersilakan mengecek ke Polres Banyu­mas. ”Kalau bisa menunjukkan bukti-bukti kepemilikan kendaraan yang sah,  bisa diambil tanpa dipungut biaya.”

Untuk menekan kasus serupa, Kapolres mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika memarkir kendaraan. ”Parkirlah di tempat yang aman. Tambahkan kunci pengaman atau alarm untuk mengurangi risiko pencurian.”(G23-63)

BERITA PURWOKERTO

No comments

Tinggalkan Balasan