Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Luas Lahan Padi di Wonosobo Menurun

Posted by Javawebmaster - 9 Februari 2012 - Berita Kota, Wonosobo - No Comments

BERITA WONOSOBO

WONOSOBO, – Dinas Pertanian Wonosobo menyatakan bahwa luas lahan pertanian padi terus berkurang. Hal itu disebabkan berubahnya pola pertanian petani. “Beberapa tahun terakhir banyak terjadi alih fungsi lahan dari lahan pertanian padi menjadi lahan perkebunan kayu dan salak,” kata Cuk Siswanto, Kabid Tanaman Pangan, Kamis (9/2).

Alih fungsi lahan itu terjadi di wilayah Kecamatan Sukoharjo dan Leksono. Namun demikian pihak Dinas Pertanian tidak mempunyai kewenangan untuk melarang petani agar tidak mengalihfungsikan lahannya, karena memang belum adanya aturan baku.

Pengurangan lahan padi itu, kata dia, belum mengganggu ketersediaan padi di Wonosobo. “Sampai saat ini produksi padi sebanyak 30.000 ton pertahun yang berarti masih surplus padi,” ujarnya.

Alih fungsi lahan itu dipicu oleh kebutuhan ekonomi masyarakat, dimana hasil pertanian salak dan kayu saat ini lebih menjanjikan secara ekonomi daripada tanam padi. Namun pihaknya tetap melakukan sosialisasi sebagai upaya mempertahankan produksi padi di Wonosobo. “Jangan sampai produksi padi di Wonosobo menurun dan mengalami krisis pangan,” tandasnya.

( Rinto Hariyadi / CN26 / JBSM )

BERITA WONOSOBO

No comments

Tinggalkan Balasan