Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Pedagang Plaza Magelang Muntilan Resah

Posted by Javawebmaster - 23 April 2012 - Magelang - No Comments

Berita Magelang

MAGELANG- Para penghuni kompleks Plaza Muntilan resah, karena izin HGB (Hak Guna Bangunan) habis 17 Agustus 2012. Sementara pengurusan perpanjangan izin itu sulit.

’’Izin sudah diajukan sejak 2010 tak ditanggapi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta Dinas Pengelolaan Pendapatan dan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD),’’ kata Ketua Paguyuban Penghuni Plaza Muntilan, Ahmad Suroso.

Kabid Pendapatan Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar), Sugito mengatakan, sejak tahun lalu seluruh ruko dan kios di Plaza Muntilan tidak lagi dipungut retribusi.

Menurut Kepala BPN Kabupaten Magelang Tuluswati, Plaza Muntilan dibangun di atas tanah 6.540 meter persegi milik Pemkab Magelang. Dari 68 bidang tanah terdiri atas 49 bidang HGB dan 19 bidang berupa rumah dan toko (ruko).

’’Sesuai SK Kanwil BPN Jateng 18 Agustus 1992, tanah dengan sertifikat Nomor 229 itu dikelola oleh PT Merbabu hingga 17 Agustus 2012. Karena itu, perpanjangan izin HGB, harus atas persetujuan persero itu,’’ katanya.

Yang perlu diklarifikasi, keberadaan PT Merbabu. ’’Jika hak pengelola (HPL) persero itu dinyatakan telah berakhir, maka perpanjangan izin HGB harus dilakukan pemegang HPL baru,’’ kata Plt Kabag Tapem, Endot Sudiyanto S.Sos.

Kabid Asset Daerah, Ganis Hari Saktiyono SP mengatakan,  PT Merbabu sudah tidak lagi beroperasi. Karena itu, tim berupaya minta surat keterangan ke pengadilan menyangkut status persero itu.

’’Surat dari pengadilan bisa dijadikan pedoman Pemkab Magelang untuk melangkah lebih lanjut,’’ katanya.(pr-45)