Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Nelayan Kebumen Panen Raya Lopster dan Rajungan

Posted by Javawebmaster - 15 Januari 2012 - Berita Kota, Kebumen - No Comments

Berita Kebumen

KEBUMEN, suaramerdeka.com – Ombak besar dengan iringan angin barat tidak menyurutkan sebagian nelayan di Kecamatan Ayah, Kebumen untuk tetap melaut. Bagaimana tidak, saat inilah waktu para nelayan tengah dapat panen raya rajungan dan lopster.

Apalagi menjelang perayaan Imlek ini, harga kedua komoditas tersebut bisa melonjak tinggi. Harga rajungan misalnya, jika hari normal sebesar Rp 25.000/kg menjelang hari raya Imlek tembus Rp 30.000 hingga Rp 32.000/kg.

Begitu juga dengan lopster, juga mengalami peningkatan harga. Lopster dengan ukuran 2 ons harganya bisa mencapai Rp 370.000/kg. Sedangkan untuk lopster ukuran 5 ons bisa mencapai lebih dari Rp 700.000/kg. “Sekarang harga lopster dan rajungan memang naik,” ujar Sutarman (45) nelayan di Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah kepada suaramerdeka.com, Minggu (15/1).

Budi Triyono (43), nelayan lain menyampaikan, panen lopster menjelang Imleks ini cukup menguntungkan nelayan. Bagaimana tidak meski hasil tangkapan sedikit nilai produksinya tetap tinggi. “Ya tentu lebih baik daripada menangkap ikan layur yang harganya hanya Rp 17.000/kg,” ujar Budi yang mengaku dalam sehari mampu meraup hasil tangkapan lebih dari Rp 1 juta.

Sementara itu, Karmini (43) dan Tarsiyah (40) pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Argopeni menyampaikan, setiap menjelang Imlek harga rajungan dan lopster meningkat. Setelah Imlek, harga akan kembali stabil. “Selain untuk luar daerah, pasokan untuk lokal Kebumen juga meningkat,” ujar Tarsiyah.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kebumen Saman mengakui, ombak besar yang disertai angin kencang cukup membahayakan bagi nelayan. Untuk itu, dia mewajibkan bagi para nelayan di Kebumen untuk memakai pelampung saat melaut.

( Supriyanto / CN27 / JBSM )

No comments

Tinggalkan Balasan