Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Potensi Jual Beli Online di Yogyakarta Terus Tumbuh

Posted by Javawebmaster - 14 Januari 2012 - Berita Kota, Yogyakarta - No Comments

JAKARTA (KRjogja.com) – Minat masyarakat Indonesia terhadap aktifitas belanja lewat online semakin meningkat, ribuan transaksi berlangsung antara pembeli dan penjual barang maupun jasa setiap harinya di dunia maya ini. Bahkan sepanjang 2011 lalu tercatat nilai transaksi hingga trilyunan rupiah hanya dalam kurun waktu sebulan terjadi dalam aktifitas jual beli online di negeri ini.

“Terjadi peningkatan yang begitu pesat di bisnis online ini sejak 2010, dan meningkat sepanjang 2011 ini, bahkan di Tokobagus.com dari hasil survei yang dilakukan, transaksi yang terjadi antara member Tokobagus dan pembeli pada April 2011 lalu nilainya mencapai lebih dari 1,4 trilyun rupiah. Nilai ini meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya,” terang A.Ichwan Sitorus selaku PR Manager Tokobagus.com dalam aktifitasnya dengan sejumlah penulis-penulis muda dari Yogyakarta, belum lama ini.

Melihat perkembangan yang ada Ichwan optimis ke depan bisnis jual beli online juga akan meningkat seiring dengan kemudahan yang didapat oleh masyarakat untuk mengakses internet secara murah. Lalu bagaimana dengan Yogyakarta?

Ichwan mengungkapkan, meski meningkat, tetapi untuk wilayah Yogyakarta perkembangan peningkatan di dunia jual beli online saat ini belum tinggi, dibanding di kota-kota lain seperti di Jakarta, Surabaya, Bandung bahkan dengan Semarang.

Secara prosentase member Tokobagus.com dari Jogja baru berkisar 2,8 persen, sedangkan Semarang sudah mencapai lebih dari 5 persen. Hal ini mungkin dikarenakan masyarakat Yogyakarta masih relatif merasa lebih nyaman jika membeli sesuatu secara konvensional dengan bertemu secara langsung dengan penjualnya. Padahal potensi kegiatan jual beli secara online untuk wilayah Yogyakarta sangat besar,mengingat banyaknya aktifitas produksi di daerah ini, terutama home industrinya.

“Saat ini memanfaatkan jaringan secara online, terutama untuk promosi, niscaya akan mampu meningkatkan aktifitas penjualan secara lebih luas lagi,” terang Ichwan.

Lebih lanjut Ichwan Sitorus menjelaskan Tokobagus.com kini terus gencar melakukan upaya edukasi ke berbagai kalangan serta daerah terutama yang sarat potensi seperti Yogyakarta dan sekitarnya lewat aktifitas offline dan online.

“Ini kita lakukan agar masyarakat semakin mengenal dengan baik apa itu e-commerce atau jual beli online,sehingga akhirnya bisa memanfaatkannya dengan baik, terutama untuk mencari keuntungan lewat berjualan di dunia maya.” tandasnya. (Yan)

No comments

Tinggalkan Balasan