Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Anggaran BBM Mobil dinas Rp 1 M

Posted by Javawebmaster - 23 April 2012 - Purwokerto - No Comments

Berita Purwokerto

PURWOKERTO- Anggaran untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil dinas (mobdin) milik Pemkab Banyumas tembus sampai Rp 1 miliar setiap tahun.

Angka sebesar itu untuk mengoperasikan 239 unit mobil berbagai jenis. ‘’Angka itu (Rp 1 miliar) baru untuk kebutuhan BBM. Belum anggaran perbaikan dan pemeliharaan,’’ kata Kepala Bidang Asset, DPPKAD Setda Banyumas, Maryono, kemarin.

Dalam APBD operasional mobdin (BBM) dianggarkan dana Rp 70.000/mobil/bulan untuk mobil dengan volume mesin di bawah 1.500 cc. Adapun Rp 80.000/mobil/bulan bagi mobil yang memiliki volume mesin di atas 1.500 cc.

Anggaran itu istilahnya hanya panjer. Belum jika mobil itu digunakan dinas yang ada surat perintah perjalanan dinas (SPPD), walau hanya di dalam kota. Jika digunakan tugas keluar kota pasti ada anggaran tersendiri.

Merata

Jatah uang BBM tersebut berlaku merata bagi semua jenis kendaraan. ‘’’Jadi tidak ada pengecualian, baik mobil dinas yang dikuasai pejabat maupun mobil dinas operasional karyawan akan mendapat jatah BBM yang sama (panjer),’’ jelasnya.

Sementara Kabag perekonomian, Sugiyanto, memprediksi anggaran BBM untuk mobdin akan membengkak. Hal itu jika merujuk rencana pemerintah memberlakukan wajib pertamax atau BBM nonsubsidi untuk kendaraan di atas 1500 cc.

‘’Jika benar kebijakan tersebut diberlakukan, Pemkab Banyumas tentu akan mengikuti. Salah satu cara tentu menambah anggaran dalam APBD,’’ katanya. (K38-17)