Jasa Pembuatan Web Kebumen,web design kebumen,Website Kebumen,Web design Kebumen Profesional,Web Design Yogyakarta,Pembuatan Website Yogyakarta

Terpilih sebagai Rektor UGM, Pratikno Langsung Orasi

Posted by Javawebmaster - 23 Maret 2012 - Yogyakarta - No Comments

Berita Yogyakarta/Jogja

YOGYAKARTA - Guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Prof Dr Pratikno MSocSc, terpilih menjadi Rektor UGM periode 2012-2017.

Dalam tahap akhir pemilihan rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA), Kamis (22/3) Pratikno menang mutlak dengan mendapatkan 26 suara dari total 32 suara.

Sementara itu, dua kandidat lainya,  Prof Dr Marsudi Triatmodjo, SH LLM  hanya mendapat 5 suara dan Prof Dr Techn Danang Parikesit, MSc hanya 1 suara.
Selesai sidang pemilihan, Pratikno langsung ditodong orasi oleh ratusan mahasiswa yang tengah menggelar aksi damai.

“Saya merasa senang karena mendapatkan kepercayaan dari MWA. Terima kasih juga pada mahasiswa yang telah mendukung proses pemilihan ini,” katanya melalui megaphone. Terkait dengan cita-cita ke depan UGM, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ini berjanji akan mengawal proses demokratisasi. Selain itu Pratikno juga akan menjadikan UGM sebagai kampus rujukan bagi kemajuan bangsa.

’’Di UGM-lah tempat merujuk segala bidang ilmu,’’ ujar pria asli Desa Donogede, Tambak, Kabupaten Bojonegoro ini.
Dia berjanji akan bersinergi dengan seluruh sivitas akademika dalam menentukan sebuah kebijakan, atau menyelasaikan permasalahan. “Tidak ada artinya jika rektor tidak bersinergi. Maka seorang rektor harus menjaga dan mengedepankan semangat kolektivitas,” tegasnya.

Kampus Bersejarah

Dirjen Dikti Djoko Santoso yang mewakili Mendikbud dalam proses pemilihan rektor, menyampaikan pesan bahwa rektor UGM terpilih bisa menjaga amanah dan nama besar UGM. Pasalnya UGM mempunyai peran khusus dalam kesejarahan Indonesia.

“UGM adalah kampus yang sangat penting untuk Indonesia. Kampus ini mempunyai keterlibatan dalam sejarah Indonesia sejak masa perjuangan hingga sekarang. Oleh karena itu, kami mengucapkan selamat atas rektor terpilih, semoga bisa terus mempertahankan nama baik UGM,” ujarnya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.  Dia berharap Pratikno bisa melaksanakan amanah dari MWA dalam menumbuhkembangkan identitas UGM di masa depan.

sumber:suara merdeka